Target Selesai Mei 2024, Jokowi Tinjau Progres Pembangunan Training Center PSSI di IKN

Target Selesai Mei 2024, Jokowi Tinjau Progres Pembangunan Training Center PSSI di IKN
Jokowi dan Erick Thohir saat diwawancarai wartawan.

PORTALBOGOR.COM, KALIMANTAN TIMUR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan langsung pembangunan Training Center (TC) PSSI di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Rabu, 17 Januari 2024.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Ketua Umum PSSI Erick Thohir, FIFA Regional Development Manager East and Southeast Asia, Chen Jun, dan Direktur Adhi Karya, Entus Asnawi.

Erick Thohir mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi memberikan apresiasi terhadap progres pembangunan TC PSSI Tahap 1 yang sudah mencapai 20,36%. 

Presiden mengakui bahwa progres ini sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, menunjukkan komitmen PSSI, Adhi Karya, dan pemerintah dalam menjalankan arahan presiden. 

Erick Thohir juga menyatakan bahwa hal tersebut merupakan jawaban terhadap kepercayaan FIFA, yang diwakili oleh Chen Jun, terkait percepatan pembangunan Training Center demi transformasi sepak bola Indonesia yang lebih baik.

"Pak Presiden menyatakan apresiasinya atas progres pembangunan Training Center PSSI Tahap 1 yang telah mencapai 20,36%. Jadi progresnya on-time. Ini menunjukkan komitmen PSSI, Adhi Karya, dan pemerintah melalui PUPR dalam menjalankan arahan presiden, sekaligus menjawab kepercayaan FIFA karena perwakilannya juga hadir di IKN ini, untuk percepatan pembangunan Training Center demi transformasi sepak bola Indonesia yang lebih baik," jelas Erick Thohir yang dilansir portalbogor.com melalui laman resmi PSSI pada Kamis, 18 Januari 2024.

Pembangunan TC PSSI merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan prestasi sepak bola Indonesia. Fasilitas bertaraf internasional ini akan mendukung pemain dan staf pelatih dalam berlatih dan berkembang. 

Pembangunan tahap 1 ini menerima dana hibah dari FIFA Forward senilai US$5.6 juta atau sekitar Rp 90 miliar. Fokus pembangunan pada tahap ini mencakup lapangan rumput natural, lapangan rumput artifisial, asrama, dan ruang ganti pemain. Asrama di Tahap 1 memiliki total kapasitas 70 orang.

Erick Thohir menyampaikan bahwa Presiden Jokowi menegaskan dengan percepatan pembangunan TC ini, PSSI akan memiliki fasilitas yang memadai, memungkinkan para pemain dan staf pelatih berlatih dengan lebih baik, dan meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia. 

"Pak Jokowi juga menyampaikan kepada kami dengan percepatan pembangunan TC ini, maka PSSI akan punya fasilitas yang memadai sehingga para pemain dan staf pelatih akan dapat berlatih dengan lebih baik dan meningkatkan kualitas sepak boka Indonesia," tambah Erick.

Erick juga mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah dan FIFA Forward, dan menegaskan komitmen PSSI untuk mempercepat pembangunan TC demi transformasi sepak bola Indonesia yang lebih baik. 

Dengan beroperasinya kantor perwakilan FIFA Indonesia Office di Jakarta, koordinasi akan sering dilakukan untuk memastikan tahap 1 TC selesai sesuai jadwal.

Pemerintah dan PSSI berharap pembangunan TC Tahap 1 dapat selesai sesuai target pada Mei 2024. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan prestasi sepakbola Indonesia. 

Menurut blue print, Training Center PSSI di IKN akan memiliki delapan lapangan sepak bola, pusat rehabilitasi, dan fasilitas pendukung lainnya yang tidak hanya bermanfaat bagi tim nasional, tetapi juga masyarakat sekitar.***

(Asep Syahmid)