Merajut Kreativitas Mahasiswa IUQI, Expo UKM Tahun 2024 Sebagai Ajang Pengembangan Diri Mahasiswa

Merajut Kreativitas Mahasiswa IUQI, Expo UKM Tahun 2024 Sebagai Ajang Pengembangan Diri Mahasiswa
Kegiatan Expo UKM 2024 oleh BEM IUQI Bogor .

PORTALBOGOR.COM, LEUWILIANG - BEM IUQI Bogor menyelenggarakan acara Expo UKM 2024 dengan mengangkat tema "Exposition Potensi Mahasiswa IUQI 2024: Merajut Kreativitas, Mengenal Diri, Membangun Masa Depan" yang digelar pada Kamis, 18 Januari 2024.

Kegiatan yang diselenggarakan di Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor ini berada dibawah program Kementerian PSDM dari BEM IUQI Bogor. 

Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan yakni Bapak Azwar Anas M.Pd., dalam sambutannya menekankan bahwa Expo UKM menjadi momentum penting bagi mahasiswa. Selain itu, setiap organisasi mahasiswa juga diharapkan dapat melatih keterampilan dan mental mahasiswa dalam menghadapi tantangan sosial.

"Expo UKM ini menjadi momentum yang harus dimaksimalkan untuk para mahasiswa, karena setiap organisasi akan melatih skill dan mental kita dalam menghadapi sosial problem," ujar Azwar Anas M.Pd pada Kamis (18/01).

Presiden Mahasiswa IUQI yaitu Wilda Fitriya, menegaskan pentingnya peran UKM dalam membantu mahasiswa menggali potensi dan bakat mereka untuk kemajuan bersama.

Widya Fitriya menekankan bahwa peran UKM sangat penting dalam mengudarakan kampus, dan mahasiswa harus memaksimalkan peluang yang ada.

"UKM adalah salah satu elemen vital dalam perguruan tinggi, karena mahasiswa berhak mendapatkan wadah untuk pengembangan potensi dan bakat. Peran UKM dalam mengudarakan kampus sangat vital. Tinggal bagaimana teman-teman UKM dapat memaksimalkan peluang," tuturnya. 

Sementara itu, Ketua Pelaksana yakni Salsabila, memberikan laporan yang membanggakan mengenai partisipasi aktif mahasiswa IUQI dalam Expo ini. Terdapat 9 unit kegiatan mahasiswa yang berpartisipasi dengan lebih dari 100 mahasiswa hadir pada acara tersebut.

"Ada 9 unit kegiatan mahasiswa yang berpartisipasi dalam Expo IUQI 2024, dengan total keseluruhan lebih dari 100 mahasiswa IUQI yang hadir pada acara," ujar Salsabila. 

Hal ini menunjukkan partisipasi aktif dan antusiasme mahasiswa IUQI dalam mengambil bagian dalam expo yang bergengsi ini.

Salah satu sorotan dalam Expo ini adalah pemberian penghargaan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) IUQI kepada UKM. 

Ada dua kategori penghargaan, yaitu "Kategori UKM Tersolid" dan "UKM dengan Stand Terunik." Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi dan dukungan kepada UKM yang telah menunjukkan dedikasi dan kreativitas yang luar biasa.

Expo UKM IUQI 2024 juga diramaikan oleh berbagai variasi stand dari setiap UKM, menciptakan warna dan keanekaragaman acara.

Racana menciptakan pionering, Wanaarga menampilkan atribut camping, Pusling menyelenggarakan pameran buku, Taekwondo menampilkan atraksi tenaga dalam, Badminton dengan servis yang menarik, dan Fiqsi dengan memamerkan karya filmnya, semuanya menyumbangkan warna dan keanekaragaman acara ini.

Penampilan dari Iqustic dengan lagu-lagu yang membangkitkan semangat untuk berdendang menambahkan atmosfer positif dalam Expo UKM IUQI 2024. 

Semua kegiatan dalam Expo ini menciptakan ruang bagi mahasiswa untuk berkontestasi, berkreasi, dan menunjukkan potensi terbaik mereka. Dengan demikian, Expo UKM IUQI 2024 tidak hanya menjadi sebuah momentum panggung UKM, tetapi juga sebuah inspirasi dan ajang pengembangan diri di lingkungan kampus.***

(Mira Septi)