Cabor Boleh Langsung dapat Hibah Tanpa Melalui KONI

Cabor Boleh Langsung dapat Hibah Tanpa Melalui KONI
Asnan Ap Kadispora Kabupaten Bogor

PORTAL BOGOR, Cibinong - Kabar gembira bagi semua cabang olahraga yang ada di KONI Kabupaten Bogor yang bisa mengusulkan langsung anggaran pembinaan cabornya ke Pemkab Bogor tanpa harus melalui KONI setempat.

Hal tersebut sudah sesuai dengan Undang Undang RI  No 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan tepatnya pada Pasal 36 Ayat 7.

Dalam Pasal 36 Ayat 7  ditegaskan Pemerintah Daerah Memberikan Hibah Kepada Induk Organisasi Cabang Olahraga yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah yang prioritas cabang olahraganya ditetapkan dalam design olahraga daerah.

Informasi akurat dari Dispora Kabupaten Bogor diterangkan untuk pencairan anggaran pembinaan cabor tahun 2025 sudah ada 3 cabor yang ada di KONI Kabupaten Bogor yang mendapatkan dana hibah secara langsung atau tidak melalui  KONI lagi.

Tiga cabor yang mendapatkan dana hibah secara langsung karena sebelumnya sudah mengajukan usulan lewat SIPD (Sistem Informasi Pemerintahan Daerah)

Kadispora Kabupaten Bogor, Asnan AP membenarkan kalau tahun.2025 sudah ada  3 cabor yang akan mendapatkan secara langsung hibah dari Pemerintah Daerah.

"Tiga cabor tersebut sudah mengajukan ke SIPD dan sudah memenuhi persyaratan seperi NPWP Cabor, SK Kepengurusan dan Alamat Domisili Cabor / Sekretariat)," ujar Asnan AP,  Senin, 25 Maret 2024.

Ia  mengatakan informasi soal ini harus disikapi secara positif oleh semua elemen keolahragaan di Kabupaten Bogor termasuk para pengurus cabor.

Intinya, kata Asnan AP, sejak tahun 2022 lalu atau sejak ada Undang Undang RI No 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan sebenarnya cabor sudah boleh menerima anggaran Hibah secara  langsung  dari Pemerintah Daerah.

"Saya yakin pada tahun 2025 banyak cabor yang ngajukan anggaran secara langsung lewat SIPD dan bisa cair pada 2026," terangnya.

Asnan menuturkan,  Dispora akan melakukan sosialisasi soal Undang Undang No 11 tahun 2022 Pasal 36 Ayat 7 dan nanti akan dibuatkan Design Olahraga Daerah yang akan masuk dalam Perda Keolahragaan juga.

(Asep Syahmid)